Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Bila kita dengar kata-kata daun pepayaa taupun bunga pepaya tentu yang melintas di perasaan kita adalah rasanya pahit.  memang pengolahan makanan dari bahan alami yg  ini rasanya  sangat pahit, walau sebetulnya bila diolahkan dengan betul rasa yang pahit itu dapat hilang hingga pahit yang dimunculkan tak begitu menyolok. Namun demikian, walau daun dan bunga pepaya mempunyanyi rasa yang pahit bukanlah berarti penyuka sayur  ini sedikit
Secara morfologi, bunga pepaya bentuknya sejenis teromphet yang kecil. Warna kuning pucat bisa dikatakan putih dan dilengkapinya dengan tangkai-tangkainya. Bunga ini tumbuhnya di batang tapi di pepaya yang jantan, bunga tumbuh di tangkai yang panjang. Bunga pepaya umumnya kita temukan di daerah paling pucuk pohonnya pepaya. Bunga pepaya mempunyanyi karakter rasanya yg pahit sama dengan dedaunannya. Hal ini dikarenakan oleh kandungan Alkhaloid Charpein ataupun C14H25N02. Sejenis ini ditemui oleh Dokter.Charpein pada tahun 1980. Berdasa penelitiannya selanjutnya, dikemukakan bukti bahwasanya dzat alkhaloid charpein ini dapat dipakaikan untuk pengobatan  jantung. Dengan begitu, salah satunya khasiatnya bunga pepaya ialah membantukan penyembuhan pada penderita penyakit jantung.
Selain itu ada 6 manfaat lain secara rinci dari bunga yang pahit ini:

Menambah nafsu makan

Sehubungan dengan kandungan penting yang terdapat dalam bunga pepaya dapat menambah nafsu makan seseorang. Sebenarnya tidak hanya pada bagian bunga pepaya saja, melainkan juga pada daun pepaya. Tips ini akan sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga dirumah yang mengalami kesulitan dalam membujuk si anak untuk makan. Ibu-ibu dirumah bisa memasak langsung daun pepaya dengan berbagai olahan ataupun bisa membuat minuman dari bunga pepaya dengan cara menumbuk halus bunga pepaya yang telah direndam dengan air garam. Dan tumbukan bunga pepaya tersebut bisa disaring dan diambil sarinya. Sari bunga pepaya inilah yang berfungsi untuk menambah nafsu makan seseorang.


Kelancaran pencernaan

Bunga pepaya memiliki khasiat untuk menjaga kelancaran pencernaan dalam tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung didalamnya mampu membantu tubuh untuk melakukan metabolisme dengan baik. Kebanyakan masyarakat sering menggunakan bunga pepaya sebagai menu hidangan dengan olahan oseng-oseng. Tanpa disadari, zat penting seperti tanin mampu menyeimbangkan tubuh agar tetap optimal dalam menjalankan fungsinya.




Untuk Anda yang memiliki penyakit jantung akan sangat disarankan untuk mengkonsumsi bunga pepaya. Manfaat bunga pepaya untuk penderita jantung adalah mampu melancarkan sirkulasi darah sehingga peredaran darah tidak terhambat. Anda bisa mengolah bunga pepaya dengan berbagai olahan, dengan catatan jangan dimasak dalam hidangan pedas. Karena hal ini dapat menghilangkan nutrisi yang terdapat di bunga pepaya.




Untuk Anda yang memiliki kegiatan padat diluar rumah, disarankan untuk mengkonsumsi bunga pepaya. Khasiat bunga pepaya dalam hal ini mampu mencegah tubuh dari gangguan sel kanker yang memang terjadi karena pengaruh lingkungan buruk. Jika Anda lebih banyak mengahbabiskan waktu diluar, sama halnya dengan menjumpai berbagai polusi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya yang memiliki kandungan antioksidan akan mampu mencegah karsinogen dalam tubuh.



Kesehatan darah

Seperti yang diungkap pada manfaat bunga pepaya sebelumnya bahwa bunga pepaya baik untuk sistem sirkulasi darah, begitu juga dengan kelancaran peredaran darah ditubuh. Bunga pepaya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan darah dalam tubuh sehingga orang yang sering mengkonsumsi bunga pepaya cenderung memiliki kesehatan atau kenormalan darah dan terhindar dari beberapa penyakit tekanan darah tinggi ataupun tekanan darah rendah.


Melumpuhkan radikal bebas

Bagi Anda yang baru mengetahui manfaat bunga pepaya, berikut adalah referensi penting yang sangat berguna untuk Anda. Kandungan tanin, flavonoid dan antioksidan pada bunga pepaya yang telah dijelaskan sebelumnya membantu tubuh Anda untuk melumpuhkan radikal bebas. Radikal bebas sendiri biasanya terdapat pada lingkungan yang penuh polusi. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya sebagai menu hidangan Anda, setidaknya membantu tubuh untuk mempertahankan imun agar tidak mudah terserang penyakit.

Cara  Pengolahannya:

untuk pengelohan bunga pepaya, tergantung dari kita sendiri agar rasa sesuai dengan selera. namun bagi yang belum pernah mencobanya disni akan dijelaskan bagaimana cara masak yang selalu di gunakan oleh penulis : 
ambil bunga pepaya, kemudian lepas dari batangnya,siapkan juga sayur kangkung agar rasa pahitnya bisa di netralisir sedikit..cuci dengan air dan siapkan bumbu yang biasa digunakan untuk menumis,




No comments:

Post a Comment